Posted by: ginkgo7 | March 17, 2009

Wisata Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Toga Puri Sumedang

Pernah dengar istilah toga alias tanaman obat keluarga?

Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke salah satu lokasi wisata toga, yaitu Toga Puri.

capture_2

Toga Puri berlokasi di dusun Lebakjawa, desa Cilembu, Pamulihan, Sumedang Selatan. Sekitar 35 km dari Bandung, ketinggiannya 900m dpl di kaki gunung Kareumbi, juga dikelilingi gunung Manglayang dan gunung Geulis. Jangan tanya hawa sejuknya, sepertinya udaranya juga masih bersih ga bertimbal.

Ada beberapa hal yang saya suka selama di Toga Puri yaitu:

view gunung Manglayang yg oke berat,

capture_3

taman obat yang bikin penasaran+nyadar bahwa banyak sekali hal yang saya ga tau dan perlu dipelajari,

capture_4

senam ergonomis yang menarik seputar olah tubuh melalui pernafasan, snack antik en sehat,

capture_5

>>Apem dari ubi (ubi cilembu tentunya), gehu pake daun sambung nyawa, juga wedang mahkota dewa… enak enak… (tapi si sendok untuk ngelarutin wedang ke air panasnya terbuat dari plastik nih, ada kemungkinan reaksi dong si seny plastik masuk ke air wedang… hueee…. :P)

menu lunch yang kreatif dan sehat,

capture_6

capture_7

>>nasi merah, lodeh mahkota dewa, pepes teri sambung nyawa, sambal teri cabai hijau, tempe xxx (lupa campurannya apa), juga tentunya ada lalaban berupa daun singkong…. oishiiii soooo…

Minuman dingin yang uenak tenan,

capture_8

>>kombinasi dari timun, melon, waluh, dan lidah buaya (katanya). Yang menarik, minuman ini ga pake gula tapi diganti dengan Stevia yang daunnya memang berasa manis. (karena masih ada yang bersisa en nganggur, maka saya terpaksa ngambil 1 gelas lagi hohoho)

Tempat exercise yang fun,

capture_9capture_10

>>dari tampilannya serasa kayak taman bermain untuk anak2 atau younchien lah, tapi ternyata dari size-nya diperuntukkan untuk orang dewasa. Ada banyak lagi selain yang di atas, saya coba semua kecuali yang gambar terakhir, susah…

detail desain lokasi yang menarik, -membayangkan gimana cara bikinnya-

capture_11capture_12capture_13

seminar singkat tentang toga

capture_14

>>Adas (Foeniculum sp), Alang-alang (Imperata cylinorica), Ciplukan (Physailis peruviana), daun Dewa (Gynura segetum), daun Jinten (Coleus amboinicus), daun Sendok (Plantago sp), Gandarusa (Justicia gandarusa), Jombang (Taraxacum mongolicium), Keji Beling (Strobilenches crispus), Keladi Tikus (Typhenium sp), Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus), Kunyit (Curcuma longa), Sambiloto (Andrographis paniculata), Sambung Nyawa (Gynura procumbens), dll deh [ga tau tuh penulisan biologinya bener ga, jgn2 aku salah catet hehehe]

Yang paling menarik yaitu daun remek daging yang bisa membantu melunakkan daging pas masak (jadi ga usah dipresto), Rosmary yang harum en sering disebut2 di acara kuliner eropa, Stevia yang daun disebut sebagai pemanis alami (semua peserta seminar disodori untuk mencoba makan daunnya, ternyata emang manis even aga pait2 dikit pas gigit bagian pangkal tulang daun), Pegagan yang bagus untuk kesehatan kulit…

bisa foto2 tekstur alam (seperti biasa),

Terakhir. Pas perjalanan pulang, bisa beli komoditi lokal desa Cilembu: tahu sumedang, ubi cilembu, kerupuk melarat (tapi ngandung pewarna rhodamin ga yah??), peuyeum, dan juga jamur hutan…

capture_16

Lokasi Toga Puri

capture_18

Di dekat lokasi Toga Puri ada stasiun observasi milik LAN (kayak mini Boscha-nya gt deh)

capture_17

overall, menarik sekali. cocok u ngenalin anak ttg tanaman obat indonesia, sekalian tamasya keluarga…


Responses

  1. wah bagus banget ckckckckck
    jadi pengen kesana.

    *fotonya banyak*

  2. kayaknya mbak cocok tuh kalo ke sana hehehe…
    minimal kedatangan 20 orang kalo ga salah…

  3. aku mau kesana dong teh.. Subahanallah indah bgt!

  4. tapi ga bisa sendirian chrysanthee…
    harus rombongan, kalo ga salah minimal 20 orang…
    ke sananya jg emang aga jauh, aku dulu nge-tek bis.

  5. wah, sayang sekali.. kalo mau kesana ajak-ajak ya kak..

  6. wah ga tau tuh kapan bakal ke sana lagi. insyaAllah ntar diajakin deh kalo ke sana lagi, mungkin via mail yah

  7. Yang di Jawa Tengah ada di mana ya?

  8. wah krg tau kalo yg di jateng… maap ya.
    kalo di jatim keknya ada di daerah malang or batu, coba browsing.

  9. asslamualakum… alhamdulillah ternyata Toga Puri telah di kenal dengan luas ya,,,,
    tuk sementara togapuri baru di sumedang and rencana ada mau buka cabang.sekarang ada menu tambahan makanan nya lagi lho… seperti sambal gledek and adalagi yg masih dirahasiakan kecuali anda semua kesana. oya, perkenalkan saya mahasiswa yang dulu pernah magang disana. mungkin yang pernah kesana pernah ketemu dengan pelayan-pelayan berbaju hitam. hehehe

  10. waalaykumsalam warahmatullah
    wah mau ada cabang…
    iya salam kenal jg.. hooo yg nyiapain mkn+mnm ya..
    saya suka, enak+kreatif :D

  11. aku mau kesana dong. kayanya asyik banget.

  12. Mas/Mbak, Mau nanya nih…untuk ke toga puri apa emang harus rombongan…kalau Pribadi atau keluarga gak bisa yah..? karena saya dengan harus rombongan minimal 20 Orang…? gimana Mas/Mbak?

    Trus kalau kita keluarga kesana, apa saja fasilitas yang kita dapatkan, mungkin penjelasan tentang tanaman obat (Guide) atau apa yang lain dan berapa biaya yang dikenakan…? Atau Toga puri punya jadwal2 untuk proses guidance sehingga bagi pengunjung yang sifatnya keluarga atau pribadi bisa ikut bergabung saja.

    Mohon pencerahannya…mungkin bisa email ke : spurwa@gmail.com dan yulirah@gmail.com

  13. ups… kayaknya nich tempat asik buanget buat nge-refresh diri…tapi kenapa harus dua puluh orang ya…. kalau satu keluarga khan ga sampai dua puluh kecuali keluarga besar…. apakah ada solusi….terima kasih.

    from jogja with love
    Slamet Purnomo

  14. ass. mas /mba togapuri menerima mahasiswa buat bahan penelitian skripsi ga ? kebetulan saya mau ngambil bahan skripsi ttg tanaman herbal . kalau memang bisa alhamdulillah bgt sangat membantu .

  15. How to get there from Bandung ?

  16. ass. teh/ akang kalau produk mahkota dewa bisa didapat dimana? atau bisa membeli secara on line?

  17. puas banget ke toga puri wuhihihi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: